ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN, HARGA, DAN TINGKAT KONSUMSI ISLAMI TERHADAP PEMBELIAN DI MINIMARKET AL-KHAIBAR MASJID ROIS DAHLAN

Authors

  • Muhammad Azzam Mujahid Ilmu Ekonomi,Ekonomi dan Bisnis,Brawijaya
  • Sri Muljaningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Keywords:

Income, Price, Islamic Consumption Level, Purchase, Minimarket

Abstract

In Indonesia, traditional markets are expected to shift to modern markets such as minimarkets, as evidenced by the number of minimarkets in Indonesia. Product availability, income, and comparing product prices in stores are things that can influence the increase in consumers in making purchases at mini markets. The development that occurs in minimarkets can also be known through the number of consumers who make purchases. The purpose of this research is to find out how the variables of income, price, and Islamic consumption level affect purchases at the Rois Dahlan Mosque minimarket. The data obtained is primary data sourced from the results of questionnaires that have been distributed to respondents, namely 30 consumers who shop at the Al-Khaibar minimarket of the Rois Dahlan Mosque. This study uses logistic regression analysis using the SPSS 27 program. The results showed that income, price and Islamic consumption levels simultaneously affect the chances of increasing purchases. From the partial test results, it is found that the price variable and the level of Islamic consumption have a significant effect on the opportunity to increase purchases. While the income variable does not have a significant effect on the opportunity to increase purchases.

References

Adiwarman A. Karim. Ekonomi Mikro Is-lam, (Jakarta: Rajawali Pres. 2011)

Amiruddin. Ekonomi Mikro (suatu per-bandingan ekonomi Islam dan ekonomi konvensional). Alauddin University Press. Makassar. 2013

Dewi Pratiwi Indriasari.2017. Pengaruh Harga, Promosi Dan Produk Ter-hadap Keputusan Pembelian Kon-sumen Pada Restoran Cepat Saji. Jurnal Ekonomi, Volume 19 Nomor 3

Dwi Indah Pratiwi. (2022). Pengaruh Viral Marketing Dan Etika Konsumsi Is-lam Terhadap Keputusan Pem-belian Pada Marketplace Di Indo-nesia.

Dyah Puspita Sari. (2016). Pengaruh Pen-dapatan, Harga Barang, Variasi Barang, Jarak, Pelayanan, Dan Lingkungan Eksternal Terhadap Pilihan Berbelanja Konsumen Di Hypermart (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Brawijaya Asal Jakar-ta).

Ghozali. (2009). Aplikasi Analisis Multi-variate Dengan Program SPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

https://www.bps.go.id/indicator/173/1875/1/sebaran-pasar-dan-pusat perdagangan-menurut klasifi-kasi.html (12 April 2023)

Intan Marito. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Dan Lokasi Ter-hadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Minimarket Rifel Sim-pang Tarok, Bukittinggi.

Irma Febrinawati. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Min-imarket 212 Mart.

Jaya Permana,Widwi Handari Adji (2021) “Pengaruh Lokasi dan Harga ter-hadap keputusan pembelian di Khanza Barokah Minimarket” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Vol. 5 No. 2 Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 145–154.

Kanisius Waro Wanda (2015) “Pengaruh Harga Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Mini Mar-ket Lulu Mart Samarinda” eJournal Administrasi Bisnis, Volume 3, Nomor 4

Lincolin Arsyad, Ekonomi Manajerial, (Yogyakarta: PBEF-Yogyakarta, 2008)

Made Mahesa Mahendra. (2015). Pengaruh Umur, Pendidikan, dan Pendapa-tan Terhadap iat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik The Body Shop di Kota Denpasar.

Mulyadi. 2008. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Nadia Lorenza. (2019). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Membeli Saus Sambal Di Pasar Modern (Studi Kasus Irian Supermarket Kecama-tan Medan Area Kota Medan).

Omaida, R. R. (2019). In A. V.-V. Ma-lang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.

Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 112 Tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Mod-ern.

Pujiyono, Arif (2006) Teori Konsumsi Is-lami. Jurnal Dinamika Pem-bangunan (JDP), Volume 3 (Nomor 2)

Selvi Rahmani (2023). Pengaruh Religiosi-tas, Prinsip Konsumsi, Dan Gaya Hidup Islami Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Shopee Paylater dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam Volume 6 Nomor 1, Tahun 2023

Sicat dan Arndt, Ilmu Ekonomi Untuk Konteks Indonesia, (Jakarta: LP3ES, 1991)

Siti Zuliani. (2005). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Ber-belanja Di Mini Market Sarinah Swalayan Ngalian Semarang.

Sugiyono. 2001, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). In K. d. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Elex Media Komputindo.

Suherman Rasyid, Pengantar Teori Ekonomi: Pendekatan Kepada Te-ori Ekonomi Mikro dan makro, (Ja-karta: PT. Raja Grafindo, 1998)

T. Sunaryo, Ekonomi Manajerial (Jakarta: Erlangga, 2001), h.46.

Walujo, D. A. (2015). In B. d. Metod-ologi Penelitian. Kuantitatif Sosial. Surabaya: Unesa University Press.

Downloads

Published

2023-08-25

Issue

Section

Articles