FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LABA USAHA MUSTAHIQ PENERIMA ZAKAT PRODUKTIF LAZ SOLO PEDULI

Authors

  • Salsabil Rahmatillah Putri Universitas Brawijaya
  • Munawar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/ieff.2023.02.01.14

Keywords:

LAZ, Zakat Productive, Business Profit of Mustahiq

Abstract

In 2020-2021 poverty continues to increase due to Covid-19, one way to overcome it is for people who can issue zakat and then distribute it to those in need (mustahiq). So that the zakat funds given do not run out quickly, it is in the form of productive zakat. LAZ Solo Peduli is one of the zakat institutions that distribute productive zakat through cash and business support tools through its Economic Empowerment program. The business's success can be seen through the profits it earns because profit is the primary goal of the business. The purpose of this study was to determine whether the business capital, type of business, length of business, and promotion affect the operating profit of the mustahiq fostered by LAZ Solo Peduli. This research uses descriptive quantitative, and the determination of respondents uses saturated sampling, namely all mustahiq recipients of productive zakat are 50 mustahiq. This study uses primary data, namely questionnaires, direct interviews with respondents, and secondary data, namely annual data from LAZ Solo Peduli. The data analysis method is multiple linear regression. The results of the study showed that business capital, length of business, and promotion have a positive and significant effect on mustahiq's operating profit. But the type of business has a negative and significant effect on mustahiq's operating profit. The type of trading business is faster to generate profits. 

 

Pada tahun 2020-2021 tingkat kemiskinan terus meningkat salah satu penyebabnya pandemi Covid-19. Salah satu cara penanggulangan kemiskinan yang masyarakat dapat lakukan yaitu dengan berzakat bagi yang mampu. Dana zakat tersebut akan disalurkan kepada yang membutuhkan (mustahiq). Agar dana zakat yang diberikan tidak cepat habis maka disalukan dalam bentuk zakat produktif. Lembaga zakat yang menyalurkan zakat produktif adalah LAZ Solo Peduli melalui program Pemberdayaan Ekonomi. LAZ Solo Peduli memberikan bantuan modal usaha bagi mustahiq dalam bentuk uang tunai dan alat-alat penunjang usaha.  Pertumbuhan usaha dapat dilihat melalui laba yang diperoleh dikarenakan laba merupakan tujuan utama seseorang dalam menjalankan suatu usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah modal usaha, jenis usaha, lama usaha, dan promosi berpengaruh terhadap laba usaha mustahiq binaan LAZ Solo Peduli. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan penentuan responden menggunakan sampling jenuh yaitu seluruh mustahiq penerima zakat produktif binaan LAZ Solo Peduli yang berjumlah 50 mustahiq. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari responden melalui kuesioner, wawancara, serta data sekunder yaitu laporan tahunan LAZ Solo Peduli. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal usaha,lama usaha, dan promosi berpengaruh  positif  dan signifikan terhadap laba usaha mustahiq. Namun, jenis usaha berpengaruh negatif dan signifikan terhadap laba usaha mustahiq, serta jenis usaha dagang lebih cepat menghasilkan laba.

 

References

Alexandrescu, M.-B., & Milandru, M. (2018). Promotion as a form of Communication of the Marketing Strategy. Land Forces Academy Review, 23(4), 268–274. https://doi.org/10.2478/raft-2018-0033

Amir, M. F. (2019). Faktor Determinan Tingkat Pendapatan Mustahiq Penerima Zakat Produktif. Journal Iqtishoduna, 10(2), 152–160.

Atun, N. I. (2016). Pengaruh Modal, Lokasi Dan Jenis Dagangan Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(4), 318–325.

Azra, A. T. (2019). ANALISIS PENGARUH MODAL USAHA, LAMA USAHA, DAN JENIS USAHA TERHADAP LABA USAHA MUSTAHIK (Studi pada UMKM Binaan BAZNAS Kota Malang). Malang : Universitas Brawijaya.

Case, K. E., & Fair, R. C. (2007). Principles of Microeconomics. New Jersey : Pearson Prentice Hall.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. New York : Sage Publications.

Darwiyati, N. K. & A. (2021). DETERMINAN PENINGKATAN PENDAPATAN MUSTAHIK PENERIMA MANFAAT ZAKAT PRODUKTIF PADA BAZNAS KABUPATEN SEMARANG. Journal Ilmiah Indonesia, 6(4), 1932–1950.

Hidayah, D. A. & E. S. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, PERSEPSI HARGA, LOKASI DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Journal Solusi, 16(2), 61–79.

Igo, A., & Harisa, N. (2019). Analysis Of Promotion In Increasing Sales Volume In PT. Hasjrat Abadi Perwakilan Unaaha. International Journal of Education and Research, 7(9), 185–194.

Karimah, S. (2015). Dampak Pembiayaan Qardhul Hasan Terhadap Perkembangan Usaha Mikro (Studi Kasus Bmt Al Husnayain Jakarta). Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Komang Adi Antara, I., & Putu Aswitari, L. (2016). Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Kecamatan Denpasar Barat. E-Jurnal EP Unud, 5(10), 1265–1291.

Lubaba, A., Sulaksana, Y., Hamdun, H., Afifah, I., & Khanza, A. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Bisnis Usaha Selama Masa PPKM. Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 3(1), 57–67. https://doi.org/10.47453/ecopreneur.v3i1.647

Madani, R., Suprihanto, S., & Hamid, E. (2022). ANALISIS BIAYA PROMOSI DAN VOLUME PENJUALAN UNTUK MENINGKATKAN LABA PADA UMKM KERIPIK KACA TETEH ICHA DI GARUT PERIODE 2017–2021. AL-MISBAH, 3(2), 302–311.

Maghfiroh, R. U. (2022). Strategi Peningkatan Volume Penjualan UMKMKeripik Pisang Definas di Era Pandemi Covid-19. AL-MURAQABAH Journal of Management and Sharia Business, 2(1), 38–52.

Mankiw, N. G. (2007). MAKROEKONOMI (Edisi Keenam). Jakarta : Erlangga.

Mirnasari, T., & Yamin, Y. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan UMKM Keripik Pisang Di Gang PU Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 40–44. https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1460

Moriarty, S., Mitchell, N. D., Wells, W. D., Crawford, R., Brennan, L., & Spence-Stone, R. (2014). Advertising: Principles and practice. Australia : Pearson Education.

Muafidah & Raya Sulistyowati. (2021). Pengaruh digital marketing dan personal selling terhadap keputusan pembelian konsumen. AKUNTABEL : Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 18(4), 661–668.

Muhammad, H., Lubis, D., & Hakim, D. B. (2018). Faktor-faktor yang Memengaruhi Keberhasilan Usaha Mustahik pada Program Zakat Produktif LAZ An-Nuur Factors Affecting The Success of Mustahik Enterprises in The Productive Zakat Program of LAZ An-Nuur. Jurnal Al Muzara’ah, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.29244/jam.6.1.1-14

Paranesa, G. N., Cipta, W., & Yulianthini, N. N. (2016). Pengaruh Penjualan Dan Modal Sendiri Terhadap Laba Pada Ud Aneka Jaya Motor Di Singaraja Periode 2012-2014. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 1–7.

Puspasari, R. D. (2022). Analisis Strategi Promotion Mix ( Advertising , sales promotion, personal selling , Public Relation ) Pada Usaha Kecil Menengah ( UKM ) “ Batagor Sarasa Bandung.” SINTESA : Jurnal Ilmiah Rumpun Ekonomi, 13(1), 49–58.

Rahmatia, R., Madris, M., & Nurbayani, S. U. (2019). Pengaruh Modal Usaha, Tenaga Kerja Dan Lama Usaha Terhadap Laba Usaha Mikro Di Kota Palopo Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 4(2), 43–47. https://doi.org/10.35906/jm001.v4i2.281

Sartika, M. (2008). Pengaruh Pendayagunaan Zakat Produktif terhadap Pemberdayaan Mustahiq pada LAZ Yayasan Solo Peduli Surakarta. La_Riba Jurnal Ekonomi Islam, II(1), 75–89.

Setiaji, K., & Fatuniah, A. L. (2018). Pengaruh Modal, Lama Usaha dan Lokasi Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Pasca Relokasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 6(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jpeb.006.1.1

Soehardi. (2022). Effect of Advertising , DM , WOM and Personal Selling on Consumer Purchasing Decisions. Journal Manajemen, XXVI(01), 82–98.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Syafiq, A. A. A., & Suprayogi, N. (2020). Analisis Meta: Determinasi Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Mustahik. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(5), 826–835. https://doi.org/10.20473/vol7iss20205pp826-835

Wachid, A. A. (2015). Analisis Variabel Variabel Yang Mempengaruhi Laba Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus Sentra Usaha Kripik Pisang Kabupaten Lumajang). Journal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 1–94.

Wartoyo, W., & Ernila, N. (2019). Program Pemberdayaan Ekonomi Mustahik Pada UMKM Di Lembaga Zakat Center Kota Cirebon. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 5(1), 18–37. https://doi.org/10.24952/tijaroh.v5i1.1629

Downloads

Published

2023-01-24

Issue

Section

Articles