PENGARUH MOTIVASI MENGHINDARI RIBA, PERSEPSI NASABAH DAN PENGETAHUAN PRODUK BANK SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PEMBIAYAAN BANK SYARIAH INDONESIA (EX BANK SYARIAH MANDIRI) KCP MALANG PASAR BESAR

Authors

  • Aldo Ramadanie Putra Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Indonesia

Keywords:

Motivation to Avoid Usury, Customer Perception, Product Knowledge, Decision to Become a Financing Customer

Abstract

Perbankan syariah sebagai bagian dari sistem nasional mempunyai peranan penting dalam perekonomian. Terdapat pandangan di mana adanya bunga dalam bank konvensional ini hukumnya haram menurut agama Islam dan dari segi ekonomi juga dinilai tidak menerapkan norma keadilan. Mayoritas masyarakat Indonesia sudah memahami akan keberadaan Bank Syariah, namun terkendala pada pemahaman produk dan persepsi masyarakat yang menilai akad-akad pada bank syariah masih menyulitkan masyarakat. Maka dari itu produk bank syariah hanya digemari oleh sebagian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel motivasi menghindari riba, persepsi nasabah dan pengetahuan produk terhadap keputusan menjadi nasabah pembiayaan BSI KCP Malang Pasar Besar. Penelitian ini menggunakan 128 sampel dari total 239 populasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitan kuantitatif inferensial. Metode analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa motivasi menghindari riba, persepsi nasabah dan pengetahuan produk secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan. Kemudian secara parsial variabel motivasi menghindari riba dan pengetahuan produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. Sedangkan variabel persepsi nasabah secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah.

Downloads

Published

2023-01-24

Issue

Section

Articles