ANALISIS PENGARUH LABEL HALAL, KESADARAN HALAL, DAN PERSEPSI ATAS PRODUK HALAL DALAM PEMBELIAN KOSMETIK HALAL
DOI:
https://doi.org/10.21776/ieff.2022.01.4.08Keywords:
Cosmetic, Halal, Halal Awareness, Halal CosmeticAbstract
Industri kosmetik dan kecantikan merupakan industri dengan nilai yang sangat tinggi di dunia, salah satunya juga di Indonesia. Di Indonesia sendiri, perkembangan dunia kosmetik sangat pesat dari waktu ke waktu. Sebagai negara dengan populasi mayoritas Muslim, permintaan akan produk kosmetik halal merupakan peningkatan yang tidak dapat disangkal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis apakah ada pengaruh variabel halal, kesadaran halal, dan juga persepsi produk halal terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk kosmetik halal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data berupa data primer yang diperoleh melalui teknik penyebaran kuesioner kepada responden dengan menentukan sampel menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap variabel prediktor yang terdiri dari label halal (X1), kesadaran halal (X2) dan persepsi produk halal (X3) terhadap variabel respon yaitu keputusan konsumen dalam membeli produk kosmetik halal (Y) baik secara bersamaan. atau sebagian pada setiap variabel prediktor. Secara parsial, variabel X1 berpengaruh positif sebesar 0,017 dan tidak signifikan dengan nilai 0,847 pada variabel Y. Sedangkan variabel X2 berpengaruh positif sebesar 0,340 dan signifikan dengan nilai 0,000 pada variabel Y. Kemudian untuk variabel X3 berpengaruh positif sebesar 0,399 dan signifikan dengan nilai 0,000 untuk variabel Y.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Islamic Economics and finance in Focus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.