PENGARUH SISTEM LAYANAN JEMPUT ZAKAT, LAYANAN VIA TRANSFER, LAYANAN KONTER ZAKAT DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PREFERENSI MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT DI BAZNAS KOTA MOJOKERTO

Authors

  • Dina Sutiyani
  • Ajeng Kartika Galuh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Keywords:

Zakat, zakat pick-up service, transfer, zakat counter, service quality, muzakki preferences

Abstract

This study aims to determine the effect of the zakat pick-up service system, transfer service, zakat counter service, and service quality on the preferences of muzakki to pay zakat at BAZNAS Mojokerto City. The approach used in this research is a quantitative approach. The sampling method or respondents from this research is opening 98 muzakki. The data used is taken through the distribution of questionnaires. This study uses a binomial logistic regression analysis technique using a test tool, namely the SPSS 22.0 program. The results showed that simultaneously, the variables of zakat pick-up service (X1), zakat transfer service (X2), zakat counter service (X3) and service quality (X4) had a significant effect on the preference of muzakki to pay zakat (Y). Partially, each variable of zakat pick-up service, zakat transfer service, zakat counter service and service quality has a significant effect on the preferences of muzakki to pay zakat in BAZNAS of Mojokerto City.

References

A Karim, Adiwarman. 2016. Ekonomi Mikro Islami. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Al-Arif, Nur Rianto. 2010. Teori Ekonomi Mikro. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, h. 109.

Amstrong, Gary dan Philip Kotler. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Arifin, Gus. 2011. Zakat, Infaq, Sedekah. Tangerang. PT Elex Media Komputindo

Bulletin Badan Amil Zakat Nasional Kota Mojokerto Tahun 2021

Darma, Satria dkk. 2017. Analisis Persepsi Muzaki Terhadap Preferensi dan Keputusan Memilih Lembaga Amil Zakat (Studi Kasus Kota Medan dan Sekitarnya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol. 2, (No.1):1-24.

Erliana, Nelly dan Sri Abidah. 2018. Pengaruh Persepsi Layanan Jemput Zakat Terhadap Kepuasan Muzakki di LAZ Yatim Mandiri Cabang Jombang. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, Vol. 1 No. 2

Gerson, R. F. 2007. Mengukur Kepuasan Pelanggan, Seri Panduan Praktis No. 17. Jakarta: PPM.

Gudono. 2011. Analisis Data Multivariat (Edisi Pertama). Yogyakarta: BPFE.

Gumanti, Feza Loy. 2020. Pengaruh Sistem Layanan Jemput Zakat dan Transfer Rekening Terhadap Kepuasan Donatur LAZISMU Kota Medan. Skripsi Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.

Huda, Akhmad Jauharil. 2012. Analisis Kualitas Pelayanan Hubungannya Dengan Kepuasan Donatur Pada Lembaga Amil Zakat Infaq Dan Shodaqoh (LAZIS) Al Haromain Cabang Malang. Malang: Universitas Brawijaya.

Jamilatun. 2011. Pengaruh Kualitas Jasa (Pelayanan) Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Muzakki di Lembaga Pengembangan Dana Umat Sultan Agung Semarang. Skripsi Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Kasmir. 2012. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Khusaini, Mohamad. 2013. EKONOMI MIKRO: DASAR-DASAR TEORI. Malang. UB Press.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran, alih bahasa Benyamin Molan Edisi 2, Jilid 2. Jakarta: INDEKS.

Kurniati. 2016. Teori Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia. VI (45-52): 49.

Laporan Tahunan BAZNAS Kota Mojokerto Tahun 2021.

Manda, Naufal Faris. 2016. Analisis Sistem Layanan Jemput Zakat, Transfer Rekening dan Antar Sendiri Ke kantor Terhadap Kepuasan Donatur Baitul Maal Hidayatullah Tulungagung. Skripsi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Muchlis, Ahmad. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepatuhan Membayar Zakat: Studi Kasus Kabupaten Bogor. Bogor : Jurnal al-Muzara’ah vol No. 1 hal. 101.

Munandar, J. M. Udin, F., Amelia, M. 2012. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan di Bogor. Jurnal Teknologi Industri Pertanian IPB Vol. 13.

Nicholson, Walter. 2002. Micro economics Theory. CV. Rajawali. Jakarta

Nurul, Huda dkk. 2015. Zakat Perspektif Mikro-Makro Pendekatan Riset. Prenadamedia Grup. Jakarta

Oktavianathi, Silvy. 2018. Analisis Sistem Layanan Jemput Zakat dan Transfer Rekening Terhadap Kepuasan Donatur LAZISMU Kota Pasuruan. Skripsi Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Malang.

Outlook Zakat Indonesia Tahun 2021. Di akses dari www.puskasbaznas.com pada 12 Januari 2022 pukul 09.45

Pratiwi, Putri Restu. 2010. Strategi Penggalangan Dana melalui Program Layanan Jemput Zakat LAZIS PP Muhammadiyah. Skripsi Manajemen Dakwah UIN Syarief Hidayatullah Jakarta.

Qardhawi, Yusuf. 1996. Hukum Zakat: Studi Komparatif Mengenai Status dan Filsafat Zakat Berdasarkan Qur’an dan Hadis. Diterjemahkan oleh Harun dkk. Bogor: PT Pustaka Litera AntarNusa dan Mizan

QS. At-Taubah [9]: 103

Rahmawati, Rika Yuni. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Muzakki LAZIS NU Gunungkidul. Skripsi Thesis UIN Sunan Kalijaga.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Intregated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rasyid, M. Hamdan dan Syaiful Hadi El-Sutha. 2016. Panduan Muslim Sehari-hari. Jakarta: WahyuQalbu.

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Cetakan Keempat. Jakarta: PT. Indeks.

Soemitra, A. 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana, h.407.

Suharli, Bahariska. 2001. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Muzakki Menjadi Nasabah di Baznas Kota Makassar. El-iqtishod, Vol. 5 No. 1

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supranto. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono, Fandy. 2005. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

Downloads

Published

2022-07-25

Issue

Section

Articles